Rabu, 04 Februari 2009

Remote Monitoring Dengan SMS

Untuk membuat sistem monitoring dengan SMS diperlukan beberapa komponen antara lain :

  • Proses atau obyek yang dimonitor

  • Sensor yang mengukur besaran yang dimonitor

  • Pengolah data dari sensor

  • Perangkat komunikasi untuk mengirim atau menerima SMS

Saya telah memasang suatu sistem monitoring yang berada di tempat yang terpisah dari pusat (remote area). Sistem tersebut adalah memonitor isi tangki yang dapat diakses melalui SMS baik dengan handphone atau modem di pusat. Memang saat ini dengan berkembangnya teknologi komunikasi yang semakin canggih, banyak alternatif untuk menerapkan sistem monitoring real time di remote area. Tetapi infrastruktur pendukung harus tersedia dan menjadikan mahal atau tidak ekonomis.

Adapun sistem yang saya pasang hanya membutuhkan beberapa perangkat dan saya rasa cocok dengan kebutuhan real time data di lapangan. Dan yang penting lagi adalah biaya operasional dan peralatan yang cukup murah.

Konfigurasi sistem monitoring tersebut digambarkan sbb:

Isi tangki diukur dengan sensor yang dikirim ke pengumpul signal dalam hal ini saya menggunakan produk dari Advantech (ADAM-6017). Saya memilih ADAM-6017 karena modul ini mempunyai fasilitas antara lain 8 channel Analog Input, 2 Digital Output, Modbus/TCP. Dengan spesifikasi tersebut menjadi sangat mudah dan cocok untuk digunakan keperluan monitoring. Dengan protokol Modbus/TCP, data diambil komputer untuk diproses. Data yang sudah diproses bisa ditampilkan di komputer tersebut atau dikirim melalui modem GSM dalam bentuk SMS jika diminta.

Dengan sistem ini, jika kita membutuhkan data yang diinginkan cukup meminta dengan SMS ke nomor dimana sistem berada dan hanya dalam hitungan detik data terkini bisa diketahui. Tentunya di dalam program dipasang batasan-batasan untuk menjamin keamanan supaya tidak bisa diakses oleh orang yang tidak berkepentingan. Jika data akan diproses lebih lanjut oleh sistem di pusat, maka data bisa dikirim secara periodik pada waktu-waktu tertentu. Akan tetapi jika data digunakan secara online 24 jam, maka sistem SMS ini tidak cocok dan bisa menggunakan cara lain seperti komunikasi secara GPRS.

Jadi pada dasarnya remote monitoring dengan SMS adalah salah satu penerapan teknologi GSM atau GPRS yang diintegrasikan dengan teknologi instrumentasi dan kontrol.

2 komentar:

  1. pak joko
    saya mahasiswa yang gi belajar tentang SCADA
    klo untuk SCADA yang sudah terintegrasi di proses dalam suatu plant
    untuk penerapan notification system dengan SMS apakah harus ada tambahan hardware tertentu atau bisa cukup dengan tambahan installer software tertentu
    saya ingin buat materi ini untuk bahan TA saya
    mohon bantuannya

    karisnda
    poka.raprida@gmail.com

    BalasHapus
  2. Tambahan hardware yang diperlukan adalah modem GSM/CDMA saja, kemudian diatur dengan software. Untuk software saya pakai SMS server yang dikombinasikan dengan VB

    BalasHapus